4.11 Pendahuluan Komputer adalah peralatan
elektronik yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) yang memiliki kemampuan atau digunakan untuk membantu tugas manusia
dengan cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi informasi
berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian hasilnya ditampilkan/
disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran. 4.1.1 Perangkat Masukan Perangkat
masukan (input devices) digunakan untuk pemasukan data yang akan diproses.
Beberapa Perangkat masukan yang umum digunakan pada suatu komputer adalah
keyboard, mouse, joystick, touch screen, voice recognition, dan lain-lain.
Gambar 4.1 Perangkat masukan 66 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.1.2 Perangkat Pemroses Perangkat pemroses (processing devices) digunakan
untuk memproses data yang telah dimasukkan melalu perangkat masukan. Perangkat
ini juga digunakan untuk menerima masukan serta meneruskan hasil pemrosesan
data tersebut ke perangkat keluaran. Pada dasarnya, bagian inilah yang disebut
sebagai "otak" komputer. Perangkat ini dikerjakan oleh perangkat yang
disebut sebagai "microprocessor atau sering disebut processor". Pasar
komputer saat ini masih didominasi oleh prosesor yang dikeluarkan oleh Intel
Corp. Saat ini, prosesor yang kebanyakan beredar di pasaran adalah Pentium IV.
Intel PentiumD (exterior) AMD Athlon X2 Gambar 4.2 Prosesor 4.1.3. Perangkat
Keluaran Perangkat keluaran (output devices) digunakan untuk menampilkan hasil
pemrosesan yang dikerjakan oleh processor. Hasil tersebut bisa ditampilkan
dalam bentuk tercetak (hard copy). Beberapa Perangkat yang masuk dalam kategori
ini adalah monitor, printer, plotter, dan lain-lain. Bab 4 Teknologi Perangkat
Keras Komputer 67 Gambar 4.3 Perangkat keluaran Perkembangan teknologi perangkat
keras ini berlangsung dengan sangat cepat, meskipun demikian konsep dari
komponen perangkat keras di atas akan tetap sama. Beberapa perangkat keras
tambahan bisa disebutkan disini antara lain media penyimpan (storage) untuk
menyimpan data yang akan diproses oleh processor. Gambar 4.4 Perangkat
penyimpanan 4.2 Perangkat Masukan Input data yang dimasukkan ke dalam memori
komputer, akan diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar
monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input untuk sistem
yang lain. 68 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi 4.2.1 Mouse Mouse
adalah pointing device yang paling banyak digunakan. Mouse memiliki bola yang
berputar pada landasannya. Jika permukaan digeser, maka bola akan berputar dan
mengirimkan sinyal ke komputer untuk merubah posisi dari kursor. Secara fisik,
mouse juga terbagi atas 4, yaitu : Mouse
Serial. Mouse PS/2. Mouse Wireless. Mouse USB. Gambar 4.5 Mouse 4.2.2 Space Mouse
Space mouse berbeda dari mouse normal karena mempunyai poros X, poros Y dan
poros Z. Space mouse dapat digunakan untuk pengembangan dan memindahkan
lingkungan 3-D. Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 69 Gambar 4.6 Space
mouse 4.2.3 Keyboard Keyboard adalah alat masukan yang pertama dikembangkan
untuk PC. Layout keyboard standar menyediakan 104 kunci diatur dalam empat
kelompok, yaitu: Kunci alphanumerik
(A-Z, 0-9). Kunci lokasi (home, end dan
lain-lain). Keypad numerik. Fungsi kunci
(F1-F12). Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu : Keyboard Serial. Keyboard PS/2. Keyboard Wireless. Keyboard USB. Keyboard
berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi, yaitu: 70 Pengenalan
Teknologi Komputer dan Informasi CTRL Digunakan untuk mengerakkan kode control
dan kombinasinya dengan key yang lain. ALT Digunakan untuk mengenerate fungsi
Alt dan kombinasinya dengan key yang lain. SHIFT Mengubah karakter huruf kecil
ke besar dan sebaliknya, atau karakter yang terletak di atas tanda yang
terlihal pada papan keyboard. NUMLOCK Enable atau disable penggunaan tombol
numeric keypad NUMERIC KEY PAD Memungkinkan memasukkan data numerik, atau jika
tombol NUMLOCK off berfungsi sebagai tombol pengarah. FUNCTION KEYS F1 sampai
F12 adalah tombol fungsi yang menyediakan akses ke suatu shortcut tertentu
misal F1 untuk HELP, F5 untuk REFRESH. TAB Digunakan untuk memindah kursor ke
kanan. Pada saat entri data, tombol Tab dapat digunakan untuk memintah dari
satu kota memasukkan data ke kotak berikutnya. ENTER Pada saat menggunakan text
editor, dapat mengerakkan baris baru. Atau digunakan untuk mengirim data ke
komputer pada saat mode memasukkan data. CURSOR ARROW KEYS Memungkinkan
perpindahan kursor. Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 71 Gambar 4.7
Keyboard ergonomis Gambar 4.8 Standar keyboard QUERTY Gambar 4.9 Dua bentuk
umum konektor keyboard yaitu PS/2 dan DIN Terdiri dari layout QWERTY standar
dengan keypad numeric dan fungsi penambahan function keys untuk control
purposes. 72 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi 4.2.4 Bar Code Bar
code adalah suatu peralatan input yang dirancang untuk tujuan yang spesifik.
Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian
bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi.
Bar code mudah dibaca oleh light-pen atau peralatan scanner. Contoh : Aplikasi
Bar-Code. Super-market. Stock inventory. Sistem perpustakaan untuk katalog buku.
Penjelasan detail tentang Bar-Code Tiap
digit dibuat dari dua garis hitam dan putih yang berurutan. Tiap digit karakter
dapat dipecah ke dalam tujuh elemen. Digit dikodekan secara berbeda tergantung
right half atau left half dari simbol bar code. Semua digit pada left half
memiliki jumlah garis hitam ganjil dan dimulai dengan garis putih. Semua digit pada right half memiliki jumlah
garis hitam genap dan dimulai dengan karakter hitam. Memungkinkan scanning pada
segala arah. Dua kode simbol (right half dan left half) dipisahkan oleh dua
garis hitam. Dua garis hitam tersebut digunakan untuk menandai permulaan dan
akhir dari simbol bar code. Universal Product Code (UPC) berisi kode
manufacturer dan kode produk. Kinerja dari Bar Code.
Tingkat kesalahan relatif rendah. Bab 4 Teknologi
Perangkat Keras Komputer 73. Bar codes
dapat discan dengan cepat dan mudah. Cacat garis pada bar code dapat menyebabkan
suatu kesalahan. Gambar 4.10a. Pembaca Bar Code infra red Gambar 4.10b. Bar
Code Bar code adalah suatu pola yang mencetak perbedaan ketebalan garis. Sistem
memberikan informasi ke dalam komputer dengan cepat dan bebas dari kesalahan
(error-free). 4.2.5 Digitising Tablet Digitising Tablet adalah suatu alat
penunjuk yang memudahkan untuk memasukkan pekerjaan gambar dan perancangan yang
akurat. Gambar 4.11 Digitising tablet dengan pena 74 Pengenalan Teknologi
Komputer dan Informasi Gambar dapat ditempatkan secara langsung di atas tablet,
dan pemakai mentraces outline atau memasukkan koordinat posisi dengan hand-held
stylus. 4.2.6 Joystick Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini,
karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan
oleh penggunaan keyboard dan mouse. Gambar 4.12 Joystick Jenis joystick yang
digunakan pada komputer juga amat banyak, termasuk dengan jenis khusus yang
digunakan untuk permainan balap mobil atau motor yang dilengkapi dengan roda
kemudi dan pedal. 4.2.7 Touch Screen Touch Screen atau layar sentuh
memungkinkan Anda untuk menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik
atau label. Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau
perintah akan di eksekusi. Touch screen digunakan secara luas pada kios
informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport, dan departement
store. Touch screen memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan peralatan
yang sangat kecil seperti jam casio Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 75
dengan fasilitas layar sentuh dan dengan komputer seorang pengguna bisa
berinteraksi dengan hanya menyentuh layar monitor. Gambar 4.13 Monitor touch
sensitive Ada tiga bentuk touch screen: pressure-sensitive, capacitive surface
dan light beam. 4.2.8 Light Pen Light Pen adalah pointing device seperti pena
dan dihubungkan ke VDU. Ujung light pen berisi unsur cahaya yang peka
(lightsensitive), ketika ditempatkan terhadap layar, mendeteksi cahaya dari
layar yang memungkinkan komputer untuk mengidentifikasi penempatan pena
tersebut pada layar. 76 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi Gambar 4.14
Light pen Keuntungan dari Light pen yaitu dapat 'menggambar' secara langsung pada
layar, tetapi ini bisa menjadi tidak menyenangkan, dan tidak seakurat seperti
digitising tablets. 4.2.9 Magnetic Ink Character Recognition (MICR) Suatu
komputer dapat membaca angka-angka dan huruf cetak dengan tinta yang berisi
bahan magnetis. Gambar 4.15 Detail Cek dari nomor MICR Bab 4 Teknologi
Perangkat Keras Komputer 77 MICR digunakan oleh bank untuk memproses cek. Detil
Rekening pada dasarnya cek dapat diteliti dan dibaca dengan cara ini, apabila
MICR itu sendiri terhindar dari kotoran. 4.2.10 Optical Mark Reader (OMR)
Optical Mark Reader (OMR) dapat membaca informasi dalam bentuk angka-angka atau
huruf dan memasukkannya ke dalam komputer. Tanda harus dengan tepat ditempatkan
seperti kertas test pilihan berganda. Gambar 4.16 Contoh kertas jawaban pilihan
berganda 4.2.11 Scanner Scanner mengijinkan informasi seperti foto atau teks
untuk dimasukkan ke dalam komputer. Scanner pada umumnya berukuran A4
(flatbed), seperti ditunjukkan di bawah, atau hand-held untuk menscan area yang
jauh lebih kecil. Gambar 4.17 Scanner 78 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi Jika teks di-scan, Anda akan menggunakan program Optical Character
Recognition (OCR) untuk mengenali teks yang dicetak dan kemudian
mengkonversinya ke file teks digital yang dapat diakses dengan menggunakan
komputer. Secara umum, scanner terbagi atas 2, yaitu flatbed scanner dan
handled scanner. 4.2.12 Hand Scanner Hand scanner adalah tipe scanner yang
paling nyaman digunakan. Hanya dengan menyentuhkan pada image yang akan discan.
Meskipun resolusinya tidak setinggi scanner yang lain, peralatan ini dapat
digunakan di manapun, dan kapan saja. Gambar 4.18 Hand scanners Misal untuk
men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek gambar seperti peta. 4.2.13
Magnetic Reader Alat masukan ini membaca potongan magnetis pada kartu. Handy
untuk pertimbangan keamanan, yang menyediakan identifikasi secara cepat pemilik
kartu. Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 79 Gambar 4.19 Kartu Kredit
Metoda ini digunakan untuk menjalankan poin-poin tunai bank atau untuk
menyediakan identifikasi orang-orang yang memasuki suatu bangunan. 4.2.14 Smart
Card Alat masukan ini menyimpan data di dalam suatu mikroprosesor yang
ditempelkan pada kartu. Ini mengijinkan informasi, dapat dibaharui, untuk
disimpan pada kartu. Gambar 4.20 Chip Microprocessor Smart Card 80 Pengenalan
Teknologi Komputer dan Informasi Gambar 4.21 Pembaca Smart Card Metoda ini
digunakan pada kartu toko untuk mengumpulkan poinpoin untuk pembeli, dan untuk
menyimpan nomor telepon untuk telepon selular. 4.2.15 Biometric Autentikasi
identitas seseorang dengan dengan pembuktian karakteristik pribadi. Sebagai
contoh: Fingerprint scanner menangkap kurva dan lekukan sidik jari. Gambar 4.22
Fingerprint scanner Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 81 4.2.16 Voice
Data Entry Sistem ini menerima kata yang diucapkaan sebagai data masukan atau
perintah. Contohnya adalah pidato/ bicara seseorang yang sangat kompleks, yang
menyertakan penekanan dan ekspresi wajah. Gambar 4.23 Microphone yang digunakan
untuk masukan data Bagaimanapun juga, perintah yang sederhana dari satu
pengguna dapat digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin. Dengan cara ini
seseorang dapat mengoperasikan suatu kursi roda atau mengendalikan pemanas dan
lampu. 4.2.17 Sound Capture Dengan penambahan kartu suara (sound card) pada
salah satu dari slot expansi dari komputer, Anda dapat " Merekam"
suara atau musik. Gambar 4.24 Sound card 82 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi Sound card mendigitalkan informasi ke dalam format yang dapat dimengerti
komputer. 4.2.18 Video Capture Dengan papan video capture pada salah satu dari
slot expansi komputer Anda, maka Anda dapat menangkap gambar video (fotografis)
melalui suatu kamera video. Papan video capture Video mendigitalkan image.
Gambar 4.25 Kartu Video Capture 4.2.19 Kamera Digital Kamera Digital adalah
kamera yang mengkonversi foto yang ditangkap secara langsung ke dalam digital
image dan menyimpannya secara lokal dalam kamera untuk kemudian dapat
dimasukkan ke komputer. Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 83 Gambar 4.26
Kamera Digital Image yang didownload dari kamera digital dan ditransfer ke
komputer berbentuk file digital, dan dapat dikirim melalui e-mail atau fax.
Jumlah gambar yang dapat disimpan tergantung pada memori yang tersedia dan ukuran
dari image. 4.2.20 Video Camera Digital video camera belum digunakan secara
luas dikarenakan file video umumnya berukuran sangat besar dan hanya beberapa
menit gambar video yang bisa disimpan. Peralatan ini dinamakan frame grabber
karena dapat menangkap image dari peralatan video seperti VCR atau kamera.
Gambar 4.27 PC Video Camera 84 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.2.21 Video Conferencing Dua atau lebih orang-orang secara terpisah yang
menggunakan jaringan Internet untuk mengirimkan data audio dan video. Gambar
4.28 Video Conferencing 4.2.22 Automated Teller Machine (ATM) Mesin bank
self-service yang menghubungkan ke host komputer melalui suatu jaringan. Gambar
4.29 Automated Teller Machine (ATM) Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 85
4.3 Perangkat Keluaran Komputer memberikan informasi pada Anda dalam berbagai
bentuk. Perangkat keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau
memperoleh hasil pengolahan data/ perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
4.3.1 Monitor Atau VDU Visual Display Units (VDU) atau monitor digunakan untuk
antarmuka secara visual dengan komputer dan tampilannya seperti sebuah
televisi. Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan
informasi balik ke pengguna/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitor
mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya.
Semakin besar ukurannya (dalam inci), maka semakin mahal, dan semakin luas
gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memiliki beberapa variasi
bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa
ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh
rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan
pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). Monitor dengan resolusi screen
yang lebih tinggi misalnya 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar
yaitu 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika
ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate
yang lebih tinggi misalnya 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen
terlihat berkedip-kedip (flickering). Secara umum, monitor terbagi atas :
4.3.1.1 Monitor CRT (Cathode Rays Tube) Merupakan monitor yang berfungsi dengan
prinsip penembakan sinar katoda. Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi
namun secara umum hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal
dan power supply. Jenis monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara 86
Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi lain adalah: Membutuhkan daya yang
besar, menghasilkan panas yang cukup tinggi, memiliki bentuk fisik yang besar
(walaupun ada juga yang memiliki dimensi yang kecil namun tetap tidak praktis
karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi yang besar
(walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung tertentu yang mampu
menyerap radiasi yang dihasilkan oleh tembakan CRT). Namun, secara umum monitor
ini memiliki harga yang cukup rendah sehingga tetap merupakan peratalan standar
dalam unit komputer. Gambar 4.30 Monitor CRT 4.3.1.2 Monitor LCD (Liquid
Crystal Display) Sistem kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT.
LCD menggunakan cairan kristal khusus yang berpencar apabila dilalui oleh
sinyal listrik sehingga menghasilkan bentuk dan warna. Kelemahan LCD adalah
harganya yang cukup mahal dan komponen fisik yang ada amat rentan terhadap
gangguan, namun LCD juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah: hanya
memerlukan daya yang rendah (tegangan yang digunakan hanya 12 Volt), bentuk
fisik yang kecil dan ramping sehingga mudah ditempatkan serta tidak
menghasilkan radiasi. Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 87 Gambar 4.31
Monitor LCD 4.3.2 Printer Anda dapat mencetak informasi yang ada di dalam
komputer ke kertas. Hasil cetakan yang Anda buat dikenal sebagai hard copy. Ada
beberapa variasi printer yang berbeda baik kecepatan maupun kwalitas cetakan.
Ada dua jenis printer, yaitu: impact dan non-impact. 4.3.2.1 Printer Impact
Printer Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum metal (metal
pins) yang mengenai pita inked yang ditempatkan antara print head dan kertas.
Gambar 4.32 Printer Impact 88 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Beberapa print head hanya mempunyai 9 pin untuk membuat titik (dots) untuk
membangun suatu karakter, ada juga yang mempunyai 24 pin yang menghasilkan
resolusi yang lebih baik. Salah satu contoh printer yang menggunakan 9 pin
adalah Epson LX-300 dan 800, sedangkan yang menggunakan 24 pin adalah LQ
(Letter Quality) 1170 dan 2180. 4.3.2.1.1 Printer Dot Matrix Kecepatannya pada
umumnya 30 - 550 karakter per detik (cps). Ini adalah yang termurah dan paling
ribut dari keluarga printer. Standar cetakan yang diperoleh kurang bagus. Jenis
ini disebut dengan “Dot Matrix” karena hasil cetakan dibentuk oleh hentakan
jarum pada pita yang membentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan. Oleh
sebab itu, maka suara yang dihasilkan oleh printer jenis ini jauh lebih besar
dan kasar dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Kehalusan hasil cetakan
ditentukan oleh banyaknya jarum yang digunakan Gambar 4.33 Printer Dot Matrix
Gambar 4.34 Cara Kerja Dot Matriks Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 89
4.3.2.2 Printer Non-Impact Beberapa perbedaan teknologi yang telah digunakan
untuk menyediakan berbagai printer. Ada beberapa jenis printer non-impact,
yaitu: Printer Thermal. Printer Ink Jet.
Printer Laser Jet. 4.3.2.2.1 Printer Thermal Karakter dibentuk oleh unsur-unsur
yang dipanaskan yang ditempatkan dengan kertas yang sensitif dengan panas
khusus yang membentuk titik hitam ketika unsur-unsur menjangkau temperatur
kritis. Gambar 4.35 Printer Thermal Printer thermal berkenaan dengan panas
secara meluas dan menggunakan tenaga baterai seperti kalkulator. 4.3.2.2.2
Printer Ink Jet Sesuai dengan namanya, printer jenis ini mencetak dengan
menggunakan semburan tinta cair pada permukaan kertas, sehingga hasil
cetakannya jauh lebih bagus, lebih cepat dibandingkan dengan dot matrix.
Printer ini juga mampu mencetak warna dengan sempurna, bahkan beberapa jenis
printer bahkan mampu mencetak 90 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
dengan kwalitas foto dan mampu mencetak pada permukaan selain kertas (plastik
dan kain). Printer inkjet yang terkenal saat ini adalah Canon BubleJet dan
HewlletPackard. Gambar 4.36 Printer Inkjet Gambar 4.37 Ink-jet Printer
Cartridges Gambar 4.38 Cara Kerja Ink Jet Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 91 4.3.2.2.3 Printer Laser Jet Printer jenis ini memiliki kecepatan
dan kwalitas cetakan yang jauh melampaui Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja
printer ini amat mirip dengan mesin photocopy, yaitu dengan prinsip serbuk
tinta dan elemen pemanas. Secara umum, printer ini hanya mampu mencetak dengan
dua warna (hitam dan putih), namun pada jenis tertentu telah dilengkapi dengan
tinta warna sehingga mampu mencetak dengan full color. Gambar 4.39 Laserjet
Printer Gambar 4.40 Toner Printer Laser 92 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi Gambar 4.41 Enam langkah cara kerja laser 4.3.3 Robot Robot bisa
melaksanakan berbagai tugas sebagai hasil instruksi dari eksekusi yang
dimasukkan di dalam suatu program. Dan ini sering kita lihat pada film-film
barat yang telah menggunakan teknologi tinggi dan robot ini biasanya ditugaskan
untuk tugas-tugas khusus sebagai pengganti manusia. Gambar 4.42 Robot pembuat
mobil Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 93 Robot dalam pengertian bisnis
berarti mesin otomatis yang dirancang untuk melaksanakan operasi keduniaan yang
memerlukan ketelitian, seperti mengumpulkan dan membuat mobil. Mereka jarang
dibuat yang menyerupai bentuk manusia. 4.3.4 Machine Tool Peralatan Computer
Aided Manufacturing (CAM) digunakan untuk pembuatan berbagai produk. Fungsi
yang berulang dan dikendalikan oleh sekumpulan instruksi komputer. Alat-Alat
mesin otomatis yang ada di pabrik akan memberikan keuntungan dibanding manusia
seperti : ketelitian yang tinggi, dan mereka tidak memerlukan istirahat seperti
minum kopi! 4.3.5 Voice Voice synthesis mempunyai bunyi yang serasi dalam
kaitannya dengan berbagai kesulitan replikasi pidato/ percakapan manusia yang
kompleksitas dan pengucapan kata-kata. Voice Answer Back (VAB) digunakan untuk
merespon terhadap permintaan telepon seperti mengucapkan jam. Gambar 4.43
Mainan pengeja Aplikasi dibidang pendidikan meliputi "Berbicara dan
Mengeja" dan melatih berhitung. 94 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi 4.3.6 Plotter Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan
printer. Yang membedakan secara umum adalah ukurannya. Plotter mampu mencetak
pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan
gambar ukuran besar lainnya. Gambar 4.44 Plotter Plotter juga mengalami
perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena
sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta
(Laser jet). 4.3.7 Speaker Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi
speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat se-efisien mungkin agar
tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang
menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih
memberikan kepuasan yang lebih. Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 95
Gambar 4.45 Speaker 4.3.8 Data Projector Alat yang mengambil image dari layar
komputer dan diproyeksikan ke layar yang lebih besar. Gambar 4.46 Data
Projector Masih banyak lagi output Device yang sering digunakan pada komputer,
utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer (misalnya pengontrol
robot, dan lain-lain). 96 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi 4.4
Kesimpulan Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang memiliki kemampuan atau
digunakan untuk membantu tugas manusia dengan cara menerima dan mengolah data
yang dimasukkan menjadi informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang
kemudian hasilnya ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
Salah satu definisi perangkat keras' menurut Kamus Webster's adalah ' item-item
dari peralatan utama atau komponennya yang digunakan untuk tujuan tertentu.
Perangkat komputer dibagi atas : perangkat masukan (input devices) digunakan
untuk pemasukan data yang akan diproses. Beberapa Perangkat masukan yang umum
digunakan pada suatu komputer adalah keyboard, mouse, joystick, touch screen,
voice recognition, dan lain-lain. Segala sesuatu yang Anda dapat lihat dan
sentuh pada PC Anda adalah perangkat keras. Daftar berikut Ini menyajikan suatu
dasar satuan perangkat keras yang biasanya ditemukan pada PC. Perangkat keras
tersebut adalah : Casing PC.
Motherboard. Power Supply. Hard Disk
Drive (HDD). Floppy Disk Drive (FDD).
Compact Disk Drive (CDD). Digital Video
Disk drive (DVD). Monitors (CRT dan
LCD). Keyboard. Bab 4 Teknologi
Perangkat Keras Komputer 97 Mouse. Audio. Dan lain-lain. Masing-masing perangkat
ini sangat maju dan berkembang dengan sangat pesat.
0 komentar:
Posting Komentar