1.1 Pengantar Teknologi Komputer
Sebenarnya 50 tahun yang lalu, komputer yang secara harafiah telah
mengelilingi sebagian besar orang-orang Amerika di dalam hidup
mereka sehari-hari. Mereka dengan mudah mengenali bentuk
mainframe dan minicomputer yang dapat ditemukan pada
kebanyakan bisnis, kantor pemerintah, dan sekolah. Komputer mikro
dapat ditemukan pada kebanyakan bisnis dan di rumah yang
digunakan untuk pengolah kata, penyimpanan informasi, game
pertunjukan, dan belanja elektronik. Komputer juga banyak
ditemukan pada peralatan rumah, perangkat telekomunikasi dan lainlain.
Dengan ditemukan berbagai macam teknologi yang mendukung
informasi ini menyebabkan perkembangan teknologi informasi yang
demikian pesat, dimana setiap informasi yang ada di dunia ini dapat
kita dapatkan dengan waktu yang relatif singkat. Karena kemampuan
meningkat dalam bidang teknologi dan karena peralatan menjadi
murah dan lebih kuat serta mudah dibawa disertai dengan
perkembangan aplikasi komputer menyebabkan perkembangan
informasi semakin cepat.
Masalah teknologi informasi diyakini bahwa teknologi informasi
akan menjadi penggerak utama dan sangat penting dalam
pertumbuhan ekonomi dunia ke depan. Teknologi informasi juga
dipandang sebagai hal yang sangat penting dalam perluasan
kesempatan belajar serta perolehan informasi masyarakat di dunia.
2 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
1.2 Pengertian Teknologi
Beberapa pengertian teknologi telah diberikan antara lain oleh David
L. GOETCH: people tools, resources, to solve problems or to extend their
capabilities. Sehinga teknologi dapat dipahami sebagai "upaya" untuk
mendapatkan suatu "produk" yang dilakukan oleh manusia dengan
memanfaatkan peralatan (tools), proses dan sumberdaya (resources).
Pengertian yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The
application as scientific and other knowledge to practical task by ordered
systems. that involve people and organizations, living things and machines".
Dari definisi ini jelas, bahwa teknologi tetap terkait pada pihak-pihak
yang terlibat dalam perencanaannya, karena itulah teknologi tidak
bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
Definisi teknologi yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk
"Technology is a "set of means" created by people to facilitate human
endeavor".
Definisi lain oleh Technology Plan 2004-2005 “Technology can be
any tool, device, program, or system that when applied to the educational
environment will increase productivity, creativity, and/or achievement of
students, faculty, and staff and will prepare them for new roles in learning,
living, and working”. Teknologi bisa mencakup, tetapi tidak terbatas
untuk komputer, televisi, VCR dan DVD, alat presentasi audio/ visual,
sistem satellite broadcast, alat adaptive, infrastruktur networking,
instruksional, operasional, dan program manajemen.
Dari definisi tersebut, ada beberapa esiensi yang terkandung yaitu:
1. Teknologi terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan
pernah berakhir, keberadaan teknologi bersama dengan
keberadaan budaya umat manusia.
2. Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak
alami dan bersifat buatan (artificial).
3. Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means),
sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal,
tergantung dari sudut pandang analisis.
Bab 1 Teknologi dan Informasi 3
4. Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi ikhtiar manusia
(human endeavor). Sehingga teknologi harus mampu
meningkatkan performa kemampuan manusia.
Dari definisi di atas, ada tiga entitas yang terkandung dalam teknologi
yaitu, keterampilan (skill), logika berfikir (algorithma) dan perangkat
keras (hardware). Dalam pandangan management of technology, teknologi
dapat digambarkan dalam beragam cara, yaitu:
1. Teknologi sebagai makna untuk memenuhi suatu maksud di
dalamnya terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk
merubah sumberdaya (resources) ke suatu produk atau jasa.
2. Teknologi tidak ubahnya sebagai pengetahuan, sumberdaya
yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan (objective).
3. Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan
rekayasa (engineering) yang dapat diaplikasikan pada
perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian
untuk mendapatkan pengetahuan baru.
1.3 Pengertian Teknologi Informasi
Dalam bukunya Senn mengatakan istilah TI digunakan untuk
mengacu pada suatu item yang bermacam-macam dan
kemampuan yang digunakan dalam pembuatan, penyimpanan,
dan penyebaran data dan informasi. Komponen utamanya ada
tiga yaitu komputer (computer), komunikasi (communication), dan
keterampilan (know-how).
4 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Gambar 1.1 Kekuatan Teknologi Informasi
1.4 Fungsi Teknologi Informasi
Gambar 1.2 Fungsi Teknologi Informasi
Capture: proses penyusunan rekord aktifitas yang terperinci.
Processing: proses mengubah, menganalisa, menghitung, dan
mengumpulkan semua bentuk data atau informasi.
• pengolahan data.
• pengolahan informasi.
• pengolahan kata.
• pengolahan gambar.
• pengolahan suara.
Bab 1 Teknologi dan Informasi 5
Generation: proses yang mengorganisir informasi ke dalam
bentuk yang bermanfaat, apakah sebagai angka-angka, teks,
bunyi, atau gambar visual.
Storage and Retrieval: storage adalah proses komputer penguat
informasi untuk penggunaan masa depan. Retrieval adalah
proses dimana penempatan komputer dan menyimpan salinan
data atau informasi untuk pengolahan lebih lanjut atau untuk
ditransmisikan ke pengguna lain.
Transmission: proses komputer mendistribusikan informasi melalui
jaringan komunikasi.
• Electronic Mail, atau E-Mail
• Voice Messaging, atau Voice Mail
1.5 Keuntungan Teknologi Informasi
Salah satu keuntungan utama TI adalah bahwa perusahaan sekarang
mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan cepat untuk
semua organisasi, nasional, dan bentuk internasional (James Taylor,
2004). Dengan kemampuan penemuan baru ini, tiap-tiap perusahaan
mempunyai kesempatan untuk membuat proses manajemen mereka
yang lebih efisien dan efektif. Sangat disayangkan, banyak bisnis yang
tidak mempunyai keahlian atau kecenderungan budaya untuk
membuat perubahan yang diperlukan. Ini merupakan suatu tantangan
utama untuk menyesuaikan manajemen dan proses pendukung untuk
bisa menerima seiring dengan perubahan TI.
1.6 Keberhasilan Dan kegagalan Dengan TI
Keberhasilan sistem informasi tidak seharusnya diukur hanya melalui
efisiensi dalam hal meminimalkan biaya, waktu dan penggunaan
sumberdaya informasi. Keberhasilan juga harus diukur dengan
efektifitas teknologi informasi dalam mendukung strategi bisnis
organisasi, memungkinkan proses bisnisnya, meningkatkan struktur
6 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
organisasi dan budaya, serta meningkatkan nilai pelanggan dan bisnis
perusahaan. Tabel dibawah ini mengilustrasikan tantangan dan
peluang yang dihadapi para manajer bisnis dalam mengelola sistem
informasi dan teknologinya untuk memenuhi tujuan bisnis.
Tabel 1.1 Mengilustrasikan tantangan dan peluang yang dihadapi para manajer bisnis
dalam mengelola sistem informasi dan teknologinya untuk memenuhi tujuan bisnis
Perusahaan Bisnis
Strategi/ Proses/
Struktur/ Budaya
Teknologi Informasi Nilai Pelanggan Dan
Nilai Bisnis
Tantangan Bisnis TI
Kebutuhan atas
kecepatan dan
fleksibilitas
pengembangan
siklus produk,
proses
manufaktur, dan
siklus
pengiriman.
Perekayasaan
ulang dan
integrasi lintas
fungsi proses
bisnis dengan
menggunakan
teknologi
Internet.
Integrasi ebusiness
dan ecommerce
ke
dalam strategi,
proses, struktur,
dan budaya
organisasi.
Perkembangan Bisnis/
TI
Penggunaan
Internet, Intranet,
Ekstranet, dan Web
sebagai
infrastruktur TI
utama.
Difusi teknologi
web untuk para
pegawai,
pelanggan, dan
pemasok yang
bekerja dengan
Internet.
Komputer
berjaringan global,
kerja sama, dan
sistem pendukung
keputusan
Tujuan Bisnis/ TI
Memberi para
pelanggan apa
mereka inginkan,
kapan dan
bagaimana
mereka
menginginkan,
dengan harga
terendah.
Koordinasi
pemanufakturan
dan proses bisnis
dengan para
pemasaran dan
pelanggan.
Kemitraan
saluran
pemasaran
dengan para
pemasok dan
penyalur.
Bab 1 Teknologi dan Informasi 7
1.7 Perkembangan Teknologi Informasi
Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepatnya telah
membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang
pernah dibayangkan sebelumnya. Setidak-tidaknya ada empat era
penting sejak ditemukannya komputer sebagai alat pengolah data
sampai dengan era Internet saat komputer menjadi senjata utama
dalam berkompetisi.
Setiap era memiliki karakteristik masing-masing, dan secara
langsung maupun tidak langsung memiliki hubungan yang erat
dengan alam kompetisi dunia usaha, baik secara makro maupun
mikro. Yang harus dipahami, tidak semua negara di dunia telah
memasuki pemanfaatan komputer yang dicirikan oleh era keempat
selain negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia,
Jerman, Inggris dan negara-negara besar lainnya.
1.8 Perkembangan Teknologi Komputer
Tidak dapat disangkal, bahwa salah satu penyebab utama terjadinya
era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak
adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi
Internet, e-commerce, EDI, dan sebagainya telah menerobos batasbatas
fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dan
telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi dibidang sistem
informasi.
Data atau informasi yang pada zaman dahulu harus memakan
waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di
dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik. Tidak
berlebihan jika salah satu paket IBM menganalogikannya dengan
perkembangan otomotif sebagai berikut “seandainya dunia otomotif
mengalami kemajuan sepesat teknologi informasi, saat ini telah dapat
diproduksi sebuah mobil berbahan bakar solar yang dapat dipacu
dengan kecepatan maksimum 10.000 Km/Jam, dan dengan harga beli
hanya 1 dolar“.
8 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
1.8.1 Era Komputerisasi
Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika minicomputer dan
mainframe diperkenalkan perusahaan, seperti IBM ke dunia industri.
Kemampuan menghitung yang sedemikian cepat menyebabkan
banyak sekali perusahaan yang memanfaatkannya untuk keperluan
pengolahan data. Pemakai komputer dimasa ini ditujukan untuk
meningkatkan efisiensi, karena terbukti untuk pekerjaan-pekerjaan
tertentu, menggunakan komputer jauh lebih efisien (dari segi waktu
dan biaya) dibanding dengan mempekerjakan berpuluh-puluh SDM
untuk hal serupa.
Pada era tersebut belum terlihat suasana kompetisi yang
sedemikian ketat. Jumlah perusahaanpun masih relatif sedikit.
Kebanyakan perusahaan besar secara tidak langsung memonopoli
pasar-pasar tertentu, karena belum ada pesaing yang berarti. Hampir
semua perusahaan besar yang bergerak dalam bidang infrastruktur
(listrik telekomunikasi) dan pertambangan pada saat itu membeli
perangkat komputer untuk membantu kegiatan administrasi.
Keperluan organisasi yang paling banyak menyita waktu
komputer pada saat itu adalah untuk administrasi back office, terutama
yang berhubungan dengan akuntansi dan keuangan. Dipihak lain,
kemampuan mainframe untuk melakukan perhitungan rumit juga
dimanfaatkan perusahaan untuk membantu menyelesaikan masalahmasalah
teknis operasional, seperti simulasi perhitungan pada industri
pertambangan dan manufaktur.
1.8.2 Era Teknologi Informasi
Kemajuan teknologi digital yang dipadu dengan telekomunikasi telah
membawa komputer memasuki masa-masa “revolusi-nya. Awal
tahun 1970-an, teknologi PC mulai diperkenalkan sebagai alternatif
pengganti minicomputer. Dengan seperangkat komputer yang dapat
ditaruh dimeja kerja (desktop), seorang manajer atau teknisi dapat
memperoleh data atau informasi yang telah diolah oleh komputer
(dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan
minicomputer bahkan mainframe).
Bab 1 Teknologi dan Informasi 9
Kegunaan komputer diperusahaan tidak hanya untuk
meningkatkan efesiensi, tapi juga untuk mendukung terjadinya proses
kerja yang lebih efektif. Tidak seperti halnya pada era komputerisasi
ketika komputer hanya menjadi “milik pribadi” Divisi EDP (Electronic
Data Processing) perusahaan, di era kedua ini setiap individu
diorganisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti
untuk mengolah basisdata, spreadsheet, maupun data processing (end
user computing). Pemakai komputer dikalangan perusahaan semakin
marak, terutama didukung oleh alam komputerisasi yang telah
berubah dari monopoli menjadi pasar bebas. Secara tidak langsung
perusahaan telah memanfaatkan teknologi komputer sangat efisien
dan efektif dibandingkan perusahaan yang sebagian prosesnya masih
dikelola secara manual.
Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu
sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetisi
bagi perusahaan, terutama yang bergerak dibidang pelayanan atau
jasa.
1.8.3 Era Sistem Informasi
Teori-teori manajemen organisasi secara intensif mulai diperkenalkan
di awal tahun 1980-an. Teori yang paling banyak dipelajari dan
diterapkan adalah mengenai manajemen perubahan (change
management). Pada hampir semua kerangka teori manajemen
perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah
satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang
ingin menang dalam persaingan bisnis. Seperti pada kedua era
sebelumnya yang lebih menekankan pada unsur teknologi, pada era
manajemen perubahaan yang lebih ditekankan adalah sistem
informasi, karena komputer dan teknologi informasi merupakan
komponen dari sistem tersebut.
Kunci keberhasilan perusahaan di era tahun 1980-an adalah
penciptaan dan penguasaan informasi secara cepat dan akurat.
Beberapa ahli manajemen menekankan bahwa perusahaan yang
menguasai informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif di
dalam lingkungan makro “regulated free market“. Pada periode ini,
10 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
perubahaan secara filosofi dari perusahaan tradisional menuju
perusahaan modern terletak bagaimana menajemen melihat kunci
kinerja perusahaan. Organisasi tradisional melihat struktur
perusahaan sebagai kunci utama pengukuran kinerja, sehingga
semuanya diukur secara hirarki berdasarkan divisi-divisi atau
departemen.
Dalam teori organisasi modern, ketika persaingan bebas telah
menyebabkan customer harus pandai-pandai memilih produk yang
beragam dipasar, proses penciptaan produk atau pelayanan kepada
pelanggan merupakan kunci utama kinerja perusahaan. Keadaan ini
sering diasosiakan dengan istilah manajemen seperti “market driven”
atau “customer base company” yang pada intinya adalah penilaian
kinerja perusahaan dari kepuasan para pelanggannya. Dan yang
sangat jelas dalam format kompetisi yang baru ini adalah bahwa
peranan komputer dan teknologi informasi yang digabungkan dengan
komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi, SDM,
budaya perusahaan, manajemen dan komponen terkait lainnya, dalam
membentuk sistem informasi yang baik, merupakan salah satu kunci
keberhasilan perusahaan secara strategis.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa kepuasan pelanggan terletak
pada kualitas pelayanan. Pada dasarnya, dalam memilih produk atau
jasa yang dibutuhkannya, seorang pelanggan akan mencari
perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut lebih murah
(cheaper), lebih baik (better), dan lebih cepat (faster).
Disinilah peranan sistem informasi sebagai komponen utama
dalam memberikan keunggulan kompetitif perusahaan. Oleh karena
itu kunci kinerja perusahaan adalah pada proses yang terjadi baik di
dalam perusahaan (back office) maupun yang langsung bersinggungan
dengan pelanggan (front office). Dengan memfokuskan diri pada
penciptaan proses (business process) yang efisien, efektif, dan terkontrol
dengan baiklah sebuah perusahaan akan memiliki kinerja yang
handal.
Tidak heran bahwa di era tahun 1980-an sampai dengan awal
tahun 1990-an terlihat banyak sekali perusahaan yang melakukan BPR
Bab 1 Teknologi dan Informasi 11
(Business Process Reengineering), restrukturisasi, implementasi ISO-9000,
implementasi TQM, instalasi dan pemakaian sistem informasi
korporat (SAP, Oracle, BAAN) dan lain sebagainya.
1.8.4 Era Globalisasi Informasi
Ketika sebuah Seminar Internasional mengenai Internet
diselenggarakan di San Fransisco pada tahun 1996, para praktisi
teknologi informasi yang dahulu bekerja sama dalam penelitian untuk
memperkenalkan Internet ke dunia industri pun secara jujur mengaku
bahwa mereka tidak pernah menduga perkembangan Internet akan
menjadi seperti ini. Ibaratnya mereka melihat bahwa yang ditanam
adalah benih pohon ajaib, yang tiba-tiba membelah diri menjadi pohon
raksasa yang tinggi menjulang. Sulit untuk menemukan teori yang
dapat menjelaskan semua fenomena yang terjadi sejak awal tahun
1990-an ini, namun fakta yang terjadi dapat disimpulkan sebagai
berikut :
Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan
teknologi informasi. Keberadaannya telah menghilangkan garis-garis
batas antar negara dalam hal flow of information. Tidak ada negara yang
mampu mencegah mengalirnya informasi dari atau keluar negara lain,
karena batasan antar negara tidak kenal dalam dunia maya. Penerapan
teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Internet, Intranet, dan
Ekstranet semakin hari semakin merata dan membudaya
dimasyarakat. Terbukti sangat sulit untuk menentukan perangkat
hukum yang sesuai dengan terbukti efektif untuk menangkal segala
hal yang berhubungan dengan penciptaan dan aliran informasi.
Perusahaan-perusahaan pun sudah tidak terikat lagi pada
batasan fisik. Melalui dunia maya, seseorang dapat mencari pelanggan
di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan
Internet. Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah
dilakukan di cyberspace melalui transaksi elektronik dengan
pembayaran secara elektronik pula (electronic payment). Kemudahankemudahan
yang ditawarkan perangkat canggih teknologi informasi
telah mengubah mindset manajemen perusahaan sehingga tidak
jarang terjadi perusahaan yang banting stir menggeluti bidang lain.
12 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Bagi negara dunia ketiga atau yang sedang berkembang, dilema
mengenai pemanfaatan teknologi informasi amat terasa. Disatu sisi
banyak perusahaan yang belum siap karena struktur budaya atau
SDM-nya, sementara dipihak lain investasi besar harus dikeluarkan
untuk membeli perangkat teknologi informasi. Tidak memiliki
teknologi informasi, berarti tidak dapat bersaing dengan perusahaan
multinasional lainnya, alias harus gulung tikar.
Lingkungan bisnis yang ada pada saat ini sedemikian seringnya
berubah dan dinamis. Perubahan yang terjadi tidak hanya sebagai
dampak kompetisi yang ketat, namun dipengaruhi juga dengan
faktor-faktor eksternal lainya seperti politik, ekonomi dan sosial
budaya yang secara tidak langsung menghasilkan kebijakan atau
peraturan baru yang harus ditaati perusahaan.
Secara operasional, tentu saja fenomena ini sangat menyulitkan
para praktisi teknologi informasi dalam menyusun sistemnya. Tidak
jarang terjadi perubahan kebutuhan sehingga harus diadakan analisis
ulang terhadap sistem yang akan dibangun. Dengan mencermati
keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan teknologi yang mampu
adaptif terhadap perubahan. Para praktisi negara maju menjawab
tantangan ini dengan menghasilkan produk-produk aplikasi yang
berbasis objek, seperti OOP (Object Oriented Programming), OODBMS
(Object Oriebted Database Management System), dan sebagainya.
Dari keempat era diatas terlihat bagaimana alam kompetisi dan
kemajuan teknologi informasi sejak dipergunakannya komputer
dalam industri sehingga terkait erat satu dengan lainnya pada saat
sekarang. Memasuki babak informasi berarti memasuki dunia dengan
teknologi baru, teknologi informasi.
1.9 Arsitektur Informasi
Suatu organisasi, arsitektur informasi merinci struktur dari semua
informasi yang digunakan oleh organisasi. Struktur ini menggunakan
tiga dimensi:
Bab 1 Teknologi dan Informasi 13
1. apa yang disimpan?
2. dimana ditempatkan?
3. bagaimana dia dipindahkan dari tempat ke tempat.
Arsitektur informasi biasanya dibahas pada tingkat logik dan fisik.
Arsitektur informasi yang logik menggambarkan kesatuan bisnis yang
digunakan oleh organisasi dan hubungannya dengan satu sama lain.
Contoh kesatuan bisnis mungkin meliputi karyawan, kelompok,
perdagangan, rekening, pesanan pembelian, dan lain-lain.
Tingkatan fisik dari arsitektur informasi meliputi bagaimana
struktur logis informasi dipelihara. Informasi dapat disimpan dalam
basisdata relasional, gudang data (data warehouses), sumber eksternal,
sistem manajemen dokumen, dan lain-lain.
Ketika informasi disimpan di dalam basisdata relasional,
struktur kunci dari kesatuan informasi ditetapkan seperti halnya kunci
asing (foreign key) yang digunakan untuk berhubungan dengan
kesatuan untuk satu sama lain. Tingkatan fisik juga mengidentifikasi
karakteristik penyimpanan kesatuan dan atribut mereka.
Di beberapa perusahaan, informasi direplikasi ulang dalam
beberapa penyimpanan informasi. Ini bisa terjadi dengan merancang
(perpindahan informasi dari suatu basisdata operasional ke gudang
data yang digunakan untuk inteligen bisnis) atau dengan secara
kebetulan (pengadaan organisasi lain atau aplikasi). Arsitektur
Informasi berhadapan dengan masalah ini dengan mengidentifikasi
sistem rekord untuk semua jenis informasi dan arus data yang
diperlukan untuk pergerakan data dari sistem sumber ke sistem
record dan dari sistem rekord ke sistem target.
1.10 Peralatan Informasi
PC bukan satu-satunya pilihan; Masih ada berbagai pilihan peralatan
lainnya-mulai dari telepon selular dan pager hingga palmtop dan
14 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
mesin permainan berbasis Web-yang memberikan akses Internet dan
kemampuan untuk melakukan tugas komputasi dasar.
Alat mikrokomputer yang besarnya hanya segenggaman tangan,
personal digital assistant (PDA), merupakan peralatan yang paling
populer untuk kategori peralatan informasi. PDA berkemampuan
Web menggunakan layar sentuh, pengenalan tulisan tangan berbasis
pena, atau keypad agar sesorang yang sering melakukan dapat
mengirim dan menerima email, mengakses situs Web, dan saling
bertukar informasi satu sama lain.
Peralatan informasi dapat juga berbentuk video game dan alatalat
lainnya yang berhubungan dengan TV. Alat-alat ini
memungkinkan Anda untuk berselancar di World Wide Web atau
mengirim dan menerima e-mail, dan menonton acara TV atau bermain
videogame pada saat yang bersamaa. Peralatan informasi lainnya
mencakup PDA nirkabel (wireless) dan telepon selular yang dapat
dihubungkan dengan Internet, dan peralatan rumah berbasis telepon
yang dapat mengirim dan menerima e-mail serta mengakses situs
Web.
1.11 TI Dalam Kehidupan Masyarakat
1.11.1 Di Rumah
keberadaan komputer pribadi di rumah (Home PC) memberikan
manfaat yang cukup banyak misalnya untuk membantu sesorang
melakukan hobinya (misalnya games), membantu melakukan
pekerjaan kantor dirumah (bahkan dengan bantuan komputer, rumah
bisa menjadi kantor untuk bekerja), membantu kita melakukan
proyek-proyek kecil bersama keluarga, membantu anak mengerjakan
pekerjaan rumah dari sekolah, menghubungi saudara dan teman
melalui e-mail, dan sebagainya.
Penetrasi PC (Personal Computer) di rumah-rumah di Indonesia
termasuk masih rendah jika dibandingkan dengan masyarakat di
Bab 1 Teknologi dan Informasi 15
negara lain. Padahal ada banyak hal bisa dilakukan dengan adanya
komputer pribadi di rumah.
1.11.2 Dunia Kerja Dan Pendidikan
dunia kerja adalah yang mungkin mendapatkan manfaat paling besar
dari TI. Apalagi saat ini sudah berkembang yang namanya mobile
technology , seperti PDA (Personal Digital Assistant), laptop,
handphone, dan sebagainya yang memungkinkan informasi dapat
diakses oleh orang yang sedang dalam perjalanan.
Kantor-kantor besar, termasuk di Indonesia, mulai dari kantor
pemerintahan sampai industri dan swasta saat ini pada umumnya
telah memanfaatkan komputer-komputer untuk membantu pekerjaan
mereka. Bahkan sebagian telah sangat bergantung dengan keberadaan
komputer di kantor mereka.
Aplikasi TI untuk tiap jenis dunia kerja tentu berbeda-beda.
Misalnya untuk kantor pemerintah atau kantor perusahan swasta
membutuhkan office application untuk menjalankan fungsi kantor
mereka. Tetapi pabrik dalam industri membutuhkan perangkat yang
berbeda tentunya karena tidak hanya aplikasi kantor yang
dibutuhkan, tetapi juga yang berhubungan dengan pabrik.
Dunia pendidikan tidak terlepas dari TI. Bahkan awal mula
perkembangan komputer dan Internet dewasa ini adalah fakta dari
riset-riset yang dikerjakan oleh kalangan akademisi. Saat ini
pendidikan juga membutuhkan TI yang sama besarnya seperti
kalangan dunia kerja. Dunia pedidikan berkaitan erat dengan
informasi dengan pengetahuan. Karena itu akses yang mudah kepada
informasi dan pengetahuan menjadi sangat penting.
Saat ini juga telah banyak dikembangkan aplikasi-aplikasi yang
berkenaan dengan pendidikan. Dengan demikian, banyak bantuan
diberikan TI untuk memajukan pendidikan.
1.11.3 Pelayanan Masyarakat
Pelayanan masyarakat umum (public service) terutama di Indonesia
biasanya sering menjadi kendala karena sifatnya yang lambat,
16 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
birokratis, dan berbelit-belit. Dengan adanya TI pelayanan masyarakat
dapat dibantu agar lebih singkat dan mudah. Misalnya pelayanan
antrian di kasir di supermarket dapat dipercaya dengan bantuan
komputer untuk melakukan perhitungan harga barang yang dibeli
konsumen. Pelayanan pembayaran pajak, telepon, listrik, atau air
dikantor-kantor yang bersangkutan dapat dipercepat dengan bantuan
komputer. Pelayanan pembuatan KTP dan SIM dapat dipersingkat
dengan bantuan aplikasi komputer.
1.11.4 Peranan Manusia Dalam IT
Manusia merupakan salah satu komponen TI, namun manusia
mempunyai peranan yang sangat penting dalam TI :
1. Perkembangan TI tergantung pada kemampuan manusia yang
terlibat secara langsung ataupun tidak langsung (misalnya
yang bertindak sebagai pengambil keputusan).
2. Produk TI hanya suatu media. Penggunaan dan bagaimana
penggunaanya tergantung sekali pada manusia pemakainya.
3. Dibutuhkan iklim dan regulasi kebijakan yang mendukung
mekanisme TI. Ini terutama dibutuhkan di negara
berkembang, misalnya Indonesia.
4. Kualitas, kemampuan dan kompetensi yang tinggi dari
penggunanya diperlukan baik bagi pengguna yang berlatar
belakang pendidikan yang sesuai maupun yang tambahan
pengetahuan yang bersifat praktis melalui pelatihan.
5. Dibutuhkan kebijakan dan strategi yang berkaitan denga
pengembangan SDM bidang TI untuk mengantisipasi
perkembangan TI yang sangat pesat.
6. Dibutuhkan manajemen yang baik untuk mengelolah
implementasi TI
7. kelancaran implementasi TI, selain tergantung pada strata
pendidikan dan practical training yang bersifat pengetahuan
Bab 1 Teknologi dan Informasi 17
teknis, juga bergantung pada pengetahuan mengenai privacy,
ethics, computer crime, dan sebagainya.
1.12 Kesimpulan
Teknologi Informasi (TI) dan penggunaannya dalam sistem informasi
telah menciptakan peluang berkarir yang menarik. Peluang
mendapatkan pekerjaan dalam bidang sistem informasi sangat bagus,
karena berbagai organisasi terus memperluas penggunaan teknologi
informasi mereka.
Dengan ditemukan berbagai macam teknologi yang mendukung
informasi ini menyebabkan perkembangan teknologi informasi yang
demikian pesat, dimana setiap informasi yang ada di dunia ini dapat
kita dapatkan dengan waktu yang relatif singkat.
Berinvestasi dalam teknologi informasi memungkinkan
perusahaan membangun kemampuan TI strategis yang
memungkinkannya untuk mengambil keuntungan dari peluang
strategis ketika peluang-peluang tersebut muncul. Dalam banyak
kejadian, hal ini terjadi ketika perusahaan berinvestasi dalam sistem
informasi canggih berbasis komputer untuk meningkatkan efesiensi
proses bisnisnya sendiri.
Di beberapa perusahaan, informasi direplikasi ulang dalam
beberapa penyimpanan informasi. Ini bisa terjadi dengan merancang
(perpindahan informasi dari suatu basisdata operasional ke gudang
data yang digunakan untuk inteligen bisnis) atau dengan secara
kebetulan (pengadaan organisasi lain atau aplikasi). ***
0 komentar:
Posting Komentar