Rabu, 12 November 2014

Teknologi Perangkat Keras Komputer

0

4.1 Pendahuluan
Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang memiliki
kemampuan atau digunakan untuk membantu tugas manusia dengan
cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi
informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
hasilnya ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
4.1.1 Perangkat Masukan
Perangkat masukan (input devices) digunakan untuk pemasukan data
yang akan diproses. Beberapa Perangkat masukan yang umum
digunakan pada suatu komputer adalah keyboard, mouse, joystick,
touch screen, voice recognition, dan lain-lain.
Gambar 4.1 Perangkat masukan
66 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.1.2 Perangkat Pemroses
Perangkat pemroses (processing devices) digunakan untuk memproses
data yang telah dimasukkan melalu perangkat masukan. Perangkat ini
juga digunakan untuk menerima masukan serta meneruskan hasil
pemrosesan data tersebut ke perangkat keluaran. Pada dasarnya,
bagian inilah yang disebut sebagai "otak" komputer. Perangkat ini
dikerjakan oleh perangkat yang disebut sebagai "microprocessor atau
sering disebut processor". Pasar komputer saat ini masih didominasi
oleh prosesor yang dikeluarkan oleh Intel Corp. Saat ini, prosesor yang
kebanyakan beredar di pasaran adalah Pentium IV.
Intel PentiumD (exterior)
AMD Athlon X2
Gambar 4.2 Prosesor
4.1.3. Perangkat Keluaran
Perangkat keluaran (output devices) digunakan untuk menampilkan
hasil pemrosesan yang dikerjakan oleh processor. Hasil tersebut bisa
ditampilkan dalam bentuk tercetak (hard copy). Beberapa Perangkat
yang masuk dalam kategori ini adalah monitor, printer, plotter, dan
lain-lain.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 67
Gambar 4.3 Perangkat keluaran
Perkembangan teknologi perangkat keras ini berlangsung dengan
sangat cepat, meskipun demikian konsep dari komponen perangkat
keras di atas akan tetap sama.
Beberapa perangkat keras tambahan bisa disebutkan disini
antara lain media penyimpan (storage) untuk menyimpan data yang
akan diproses oleh processor.
Gambar 4.4 Perangkat penyimpanan
4.2 Perangkat Masukan
Input data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan
diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar
monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input
untuk sistem yang lain.
68 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.2.1 Mouse
Mouse adalah pointing device yang paling banyak digunakan. Mouse
memiliki bola yang berputar pada landasannya. Jika permukaan
digeser, maka bola akan berputar dan mengirimkan sinyal ke
komputer untuk merubah posisi dari kursor.
Secara fisik, mouse juga terbagi atas 4, yaitu :
􀂃 Mouse Serial.
􀂃 Mouse PS/2.
􀂃 Mouse Wireless.
􀂃 Mouse USB.
Gambar 4.5 Mouse
4.2.2 Space Mouse
Space mouse berbeda dari mouse normal karena mempunyai poros X,
poros Y dan poros Z. Space mouse dapat digunakan untuk
pengembangan dan memindahkan lingkungan 3-D.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 69
Gambar 4.6 Space mouse
4.2.3 Keyboard
Keyboard adalah alat masukan yang pertama dikembangkan
untuk PC. Layout keyboard standar menyediakan 104 kunci diatur
dalam empat kelompok, yaitu:
􀂃 Kunci alphanumerik (A-Z, 0-9).
􀂃 Kunci lokasi (home, end dan lain-lain).
􀂃 Keypad numerik.
􀂃 Fungsi kunci (F1-F12).
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu :
􀂃 Keyboard Serial.
􀂃 Keyboard PS/2.
􀂃 Keyboard Wireless.
􀂃 Keyboard USB.
Keyboard berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi,
yaitu:
70 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
CTRL Digunakan untuk mengerakkan kode
control dan kombinasinya dengan key
yang lain.
ALT Digunakan untuk mengenerate fungsi Alt
dan kombinasinya dengan key yang lain.
SHIFT Mengubah karakter huruf kecil ke besar
dan sebaliknya, atau karakter yang
terletak di atas tanda yang terlihal pada
papan keyboard.
NUMLOCK Enable atau disable penggunaan tombol
numeric keypad
NUMERIC KEY PAD Memungkinkan memasukkan data
numerik, atau jika tombol NUMLOCK off
berfungsi sebagai tombol pengarah.
FUNCTION KEYS F1 sampai F12 adalah tombol fungsi yang
menyediakan akses ke suatu shortcut
tertentu misal F1 untuk HELP, F5 untuk
REFRESH.
TAB Digunakan untuk memindah kursor ke
kanan. Pada saat entri data, tombol Tab
dapat digunakan untuk memintah dari
satu kota memasukkan data ke kotak
berikutnya.
ENTER Pada saat menggunakan text editor, dapat
mengerakkan baris baru. Atau digunakan
untuk mengirim data ke komputer pada
saat mode memasukkan data.
CURSOR ARROW
KEYS
Memungkinkan perpindahan kursor.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 71
Gambar 4.7 Keyboard ergonomis
Gambar 4.8 Standar keyboard QUERTY
Gambar 4.9 Dua bentuk umum konektor keyboard yaitu PS/2 dan DIN
Terdiri dari layout QWERTY standar dengan keypad numeric dan
fungsi penambahan function keys untuk control purposes.
72 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.2.4 Bar Code
Bar code adalah suatu peralatan input yang dirancang untuk tujuan
yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang
dibentuk oleh serangkaian bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki
panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh
light-pen atau peralatan scanner.
Contoh : Aplikasi Bar-Code.
􀂃 Super-market.
􀂃 Stock inventory.
􀂃 Sistem perpustakaan untuk katalog buku.
Penjelasan detail tentang Bar-Code
􀂃 Tiap digit dibuat dari dua garis hitam dan putih yang
berurutan.
􀂃 Tiap digit karakter dapat dipecah ke dalam tujuh elemen.
􀂃 Digit dikodekan secara berbeda tergantung right half atau left
half dari simbol bar code.
􀂃 Semua digit pada left half memiliki jumlah garis hitam ganjil
dan dimulai dengan garis putih.
􀂃 Semua digit pada right half memiliki jumlah garis hitam genap
dan dimulai dengan karakter hitam.
􀂃 Memungkinkan scanning pada segala arah.
􀂃 Dua kode simbol (right half dan left half) dipisahkan oleh dua
garis hitam.
􀂃 Dua garis hitam tersebut digunakan untuk menandai
permulaan dan akhir dari simbol bar code.
􀂃 Universal Product Code (UPC) berisi kode manufacturer dan
kode produk.
Kinerja dari Bar Code
􀂃 Tingkat kesalahan relatif rendah.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 73
􀂃 Bar codes dapat discan dengan cepat dan mudah.
􀂃 Cacat garis pada bar code dapat menyebabkan suatu
kesalahan.
Gambar 4.10a. Pembaca Bar Code
infra red
Gambar 4.10b. Bar Code
Bar code adalah suatu pola yang mencetak perbedaan ketebalan garis.
Sistem memberikan informasi ke dalam komputer dengan cepat dan
bebas dari kesalahan (error-free).
4.2.5 Digitising Tablet
Digitising Tablet adalah suatu alat penunjuk yang memudahkan
untuk memasukkan pekerjaan gambar dan perancangan yang akurat.
Gambar 4.11 Digitising tablet dengan pena
74 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Gambar dapat ditempatkan secara langsung di atas tablet, dan
pemakai mentraces outline atau memasukkan koordinat posisi dengan
hand-held stylus.
4.2.6 Joystick
Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan
memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit
dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse.
Gambar 4.12 Joystick
Jenis joystick yang digunakan pada komputer juga amat banyak,
termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk permainan
balap mobil atau motor yang dilengkapi dengan roda kemudi dan
pedal.
4.2.7 Touch Screen
Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan Anda untuk
menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label.
Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau
perintah akan di eksekusi. Touch screen digunakan secara luas pada
kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport,
dan departement store. Touch screen memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan peralatan yang sangat kecil seperti jam casio
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 75
dengan fasilitas layar sentuh dan dengan komputer seorang pengguna
bisa berinteraksi dengan hanya menyentuh layar monitor.
Gambar 4.13 Monitor touch sensitive
Ada tiga bentuk touch screen: pressure-sensitive, capacitive surface dan
light beam.
4.2.8 Light Pen
Light Pen adalah pointing device seperti pena dan dihubungkan ke
VDU. Ujung light pen berisi unsur cahaya yang peka (lightsensitive),
ketika ditempatkan terhadap layar, mendeteksi cahaya
dari layar yang memungkinkan komputer untuk mengidentifikasi
penempatan pena tersebut pada layar.
76 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Gambar 4.14 Light pen
Keuntungan dari Light pen yaitu dapat 'menggambar' secara
langsung pada layar, tetapi ini bisa menjadi tidak menyenangkan,
dan tidak seakurat seperti digitising tablets.
4.2.9 Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
Suatu komputer dapat membaca angka-angka dan huruf cetak
dengan tinta yang berisi bahan magnetis.
Gambar 4.15 Detail Cek dari nomor MICR
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 77
MICR digunakan oleh bank untuk memproses cek. Detil Rekening
pada dasarnya cek dapat diteliti dan dibaca dengan cara ini, apabila
MICR itu sendiri terhindar dari kotoran.
4.2.10 Optical Mark Reader (OMR)
Optical Mark Reader (OMR) dapat membaca informasi dalam
bentuk angka-angka atau huruf dan memasukkannya ke dalam
komputer.
Tanda harus dengan tepat ditempatkan seperti kertas test
pilihan berganda.
Gambar 4.16 Contoh kertas jawaban pilihan berganda
4.2.11 Scanner
Scanner mengijinkan informasi seperti foto atau teks untuk
dimasukkan ke dalam komputer. Scanner pada umumnya berukuran
A4 (flatbed), seperti ditunjukkan di bawah, atau hand-held untuk menscan
area yang jauh lebih kecil.
Gambar 4.17 Scanner
78 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Jika teks di-scan, Anda akan menggunakan program Optical Character
Recognition (OCR) untuk mengenali teks yang dicetak dan kemudian
mengkonversinya ke file teks digital yang dapat diakses dengan
menggunakan komputer. Secara umum, scanner terbagi atas 2, yaitu
flatbed scanner dan handled scanner.
4.2.12 Hand Scanner
Hand scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan.
Hanya dengan menyentuhkan pada image yang akan discan.
Meskipun resolusinya tidak setinggi scanner yang lain, peralatan ini
dapat digunakan di manapun, dan kapan saja.
Gambar 4.18 Hand scanners
Misal untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek
gambar seperti peta.
4.2.13 Magnetic Reader
Alat masukan ini membaca potongan magnetis pada kartu. Handy
untuk pertimbangan keamanan, yang menyediakan identifikasi
secara cepat pemilik kartu.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 79
Gambar 4.19 Kartu Kredit
Metoda ini digunakan untuk menjalankan poin-poin tunai bank atau
untuk menyediakan identifikasi orang-orang yang memasuki suatu
bangunan.
4.2.14 Smart Card
Alat masukan ini menyimpan data di dalam suatu mikroprosesor
yang ditempelkan pada kartu. Ini mengijinkan informasi, dapat
dibaharui, untuk disimpan pada kartu.
Gambar 4.20 Chip Microprocessor Smart Card
80 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Gambar 4.21 Pembaca Smart Card
Metoda ini digunakan pada kartu toko untuk mengumpulkan poinpoin
untuk pembeli, dan untuk menyimpan nomor telepon untuk
telepon selular.
4.2.15 Biometric
Autentikasi identitas seseorang dengan dengan pembuktian
karakteristik pribadi.
Sebagai contoh: Fingerprint scanner menangkap kurva dan
lekukan sidik jari.
Gambar 4.22 Fingerprint scanner
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 81
4.2.16 Voice Data Entry
Sistem ini menerima kata yang diucapkaan sebagai data masukan atau
perintah.
Contohnya adalah pidato/ bicara seseorang yang sangat
kompleks, yang menyertakan penekanan dan ekspresi wajah.
Gambar 4.23 Microphone yang digunakan untuk masukan data
Bagaimanapun juga, perintah yang sederhana dari satu pengguna
dapat digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin.
Dengan cara ini seseorang dapat mengoperasikan suatu kursi
roda atau mengendalikan pemanas dan lampu.
4.2.17 Sound Capture
Dengan penambahan kartu suara (sound card) pada salah satu dari slot
expansi dari komputer, Anda dapat " Merekam" suara atau musik.
Gambar 4.24 Sound card
82 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Sound card mendigitalkan informasi ke dalam format yang dapat
dimengerti komputer.
4.2.18 Video Capture
Dengan papan video capture pada salah satu dari slot expansi
komputer Anda, maka Anda dapat menangkap gambar video
(fotografis) melalui suatu kamera video.
Papan video capture Video mendigitalkan image.
Gambar 4.25 Kartu Video Capture
4.2.19 Kamera Digital
Kamera Digital adalah kamera yang mengkonversi foto yang
ditangkap secara langsung ke dalam digital image dan
menyimpannya secara lokal dalam kamera untuk kemudian dapat
dimasukkan ke komputer.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 83
Gambar 4.26 Kamera Digital
Image yang didownload dari kamera digital dan ditransfer ke
komputer berbentuk file digital, dan dapat dikirim melalui e-mail atau
fax. Jumlah gambar yang dapat disimpan tergantung pada memori
yang tersedia dan ukuran dari image.
4.2.20 Video Camera
Digital video camera belum digunakan secara luas dikarenakan file
video umumnya berukuran sangat besar dan hanya beberapa menit
gambar video yang bisa disimpan. Peralatan ini dinamakan frame
grabber karena dapat menangkap image dari peralatan video seperti
VCR atau kamera.
Gambar 4.27 PC Video Camera
84 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.2.21 Video Conferencing
Dua atau lebih orang-orang secara terpisah yang menggunakan
jaringan Internet untuk mengirimkan data audio dan video.
Gambar 4.28 Video Conferencing
4.2.22 Automated Teller Machine (ATM)
Mesin bank self-service yang menghubungkan ke host komputer
melalui suatu jaringan.
Gambar 4.29 Automated Teller Machine (ATM)
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 85
4.3 Perangkat Keluaran
Komputer memberikan informasi pada Anda dalam berbagai bentuk.
Perangkat keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk melihat
atau memperoleh hasil pengolahan data/ perintah yang telah
dilakukan oleh komputer.
4.3.1 Monitor Atau VDU
Visual Display Units (VDU) atau monitor digunakan untuk
antarmuka secara visual dengan komputer dan tampilannya
seperti sebuah televisi.
Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk
menampilkan informasi balik ke pengguna/user, dalam bentuk teks
maupun grafik. Monitor mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15",
17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inci), maka semakin
mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada
monitor.
Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang
berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam
koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang
menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan
pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik).
Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi misalnya
1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar yaitu 21"
(jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika
ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan
refresh rate yang lebih tinggi misalnya 72Hz, untuk mencegah tampilan
gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering). Secara umum,
monitor terbagi atas :
4.3.1.1 Monitor CRT (Cathode Rays Tube)
Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar
katoda. Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi namun secara
umum hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan
power supply. Jenis monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara
86 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
lain adalah: Membutuhkan daya yang besar, menghasilkan panas
yang cukup tinggi, memiliki bentuk fisik yang besar (walaupun ada
juga yang memiliki dimensi yang kecil namun tetap tidak praktis
karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi yang
besar (walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung
tertentu yang mampu menyerap radiasi yang dihasilkan oleh
tembakan CRT). Namun, secara umum monitor ini memiliki harga
yang cukup rendah sehingga tetap merupakan peratalan standar
dalam unit komputer.
Gambar 4.30 Monitor CRT
4.3.1.2 Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Sistem kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCD
menggunakan cairan kristal khusus yang berpencar apabila dilalui
oleh sinyal listrik sehingga menghasilkan bentuk dan warna.
Kelemahan LCD adalah harganya yang cukup mahal dan komponen
fisik yang ada amat rentan terhadap gangguan, namun LCD juga
memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah: hanya memerlukan
daya yang rendah (tegangan yang digunakan hanya 12 Volt), bentuk
fisik yang kecil dan ramping sehingga mudah ditempatkan serta tidak
menghasilkan radiasi.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 87
Gambar 4.31 Monitor LCD
4.3.2 Printer
Anda dapat mencetak informasi yang ada di dalam komputer ke
kertas. Hasil cetakan yang Anda buat dikenal sebagai hard copy.
Ada beberapa variasi printer yang berbeda baik kecepatan
maupun kwalitas cetakan. Ada dua jenis printer, yaitu: impact dan
non-impact.
4.3.2.1 Printer Impact
Printer Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum
metal (metal pins) yang mengenai pita inked yang ditempatkan antara
print head dan kertas.
Gambar 4.32 Printer Impact
88 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Beberapa print head hanya mempunyai 9 pin untuk membuat titik
(dots) untuk membangun suatu karakter, ada juga yang mempunyai 24
pin yang menghasilkan resolusi yang lebih baik. Salah satu contoh
printer yang menggunakan 9 pin adalah Epson LX-300 dan 800,
sedangkan yang menggunakan 24 pin adalah LQ (Letter Quality) 1170
dan 2180.
4.3.2.1.1 Printer Dot Matrix
Kecepatannya pada umumnya 30 - 550 karakter per detik (cps). Ini
adalah yang termurah dan paling ribut dari keluarga printer. Standar
cetakan yang diperoleh kurang bagus. Jenis ini disebut dengan “Dot
Matrix” karena hasil cetakan dibentuk oleh hentakan jarum pada pita
yang membentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan. Oleh
sebab itu, maka suara yang dihasilkan oleh printer jenis ini jauh lebih
besar dan kasar dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Kehalusan
hasil cetakan ditentukan oleh banyaknya jarum yang digunakan
Gambar 4.33 Printer Dot Matrix
Gambar 4.34 Cara Kerja Dot Matriks
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 89
4.3.2.2 Printer Non-Impact
Beberapa perbedaan teknologi yang telah digunakan untuk
menyediakan berbagai printer.
Ada beberapa jenis printer non-impact, yaitu:
􀂃 Printer Thermal.
􀂃 Printer Ink Jet.
􀂃 Printer Laser Jet.
4.3.2.2.1 Printer Thermal
Karakter dibentuk oleh unsur-unsur yang dipanaskan yang
ditempatkan dengan kertas yang sensitif dengan panas khusus yang
membentuk titik hitam ketika unsur-unsur menjangkau temperatur
kritis.
Gambar 4.35 Printer Thermal
Printer thermal berkenaan dengan panas secara meluas dan
menggunakan tenaga baterai seperti kalkulator.
4.3.2.2.2 Printer Ink Jet
Sesuai dengan namanya, printer jenis ini mencetak dengan
menggunakan semburan tinta cair pada permukaan kertas, sehingga
hasil cetakannya jauh lebih bagus, lebih cepat dibandingkan dengan
dot matrix. Printer ini juga mampu mencetak warna dengan
sempurna, bahkan beberapa jenis printer bahkan mampu mencetak
90 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
dengan kwalitas foto dan mampu mencetak pada permukaan selain
kertas (plastik dan kain). Printer inkjet yang terkenal saat ini adalah
Canon BubleJet dan HewlletPackard.
Gambar 4.36 Printer Inkjet
Gambar 4.37 Ink-jet Printer Cartridges
Gambar 4.38 Cara Kerja Ink Jet
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 91
4.3.2.2.3 Printer Laser Jet
Printer jenis ini memiliki kecepatan dan kwalitas cetakan yang jauh
melampaui Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja printer ini amat mirip
dengan mesin photocopy, yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen
pemanas. Secara umum, printer ini hanya mampu mencetak dengan
dua warna (hitam dan putih), namun pada jenis tertentu telah
dilengkapi dengan tinta warna sehingga mampu mencetak dengan full
color.
Gambar 4.39 Laserjet Printer
Gambar 4.40 Toner Printer Laser
92 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Gambar 4.41 Enam langkah cara kerja laser
4.3.3 Robot
Robot bisa melaksanakan berbagai tugas sebagai hasil instruksi dari
eksekusi yang dimasukkan di dalam suatu program. Dan ini sering
kita lihat pada film-film barat yang telah menggunakan teknologi
tinggi dan robot ini biasanya ditugaskan untuk tugas-tugas khusus
sebagai pengganti manusia.
Gambar 4.42 Robot pembuat mobil
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 93
Robot dalam pengertian bisnis berarti mesin otomatis yang dirancang
untuk melaksanakan operasi keduniaan yang memerlukan ketelitian,
seperti mengumpulkan dan membuat mobil. Mereka jarang dibuat
yang menyerupai bentuk manusia.
4.3.4 Machine Tool
Peralatan Computer Aided Manufacturing (CAM) digunakan untuk
pembuatan berbagai produk. Fungsi yang berulang dan dikendalikan
oleh sekumpulan instruksi komputer.
Alat-Alat mesin otomatis yang ada di pabrik akan memberikan
keuntungan dibanding manusia seperti : ketelitian yang tinggi, dan
mereka tidak memerlukan istirahat seperti minum kopi!
4.3.5 Voice
Voice synthesis mempunyai bunyi yang serasi dalam kaitannya
dengan berbagai kesulitan replikasi pidato/ percakapan manusia yang
kompleksitas dan pengucapan kata-kata.
Voice Answer Back (VAB) digunakan untuk merespon terhadap
permintaan telepon seperti mengucapkan jam.
Gambar 4.43 Mainan pengeja
Aplikasi dibidang pendidikan meliputi "Berbicara dan Mengeja" dan
melatih berhitung.
94 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.3.6 Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang
membedakan secara umum adalah ukurannya. Plotter mampu
mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan
untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Gambar 4.44 Plotter
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang
dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga
saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laser jet).
4.3.7 Speaker
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada
perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat se-efisien
mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada
pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka
pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan
yang lebih.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 95
Gambar 4.45 Speaker
4.3.8 Data Projector
Alat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan
ke layar yang lebih besar.
Gambar 4.46 Data Projector
Masih banyak lagi output Device yang sering digunakan pada
komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer
(misalnya pengontrol robot, dan lain-lain).
96 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
4.4 Kesimpulan
Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang memiliki
kemampuan atau digunakan untuk membantu tugas manusia dengan
cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi
informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
hasilnya ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
Salah satu definisi perangkat keras' menurut Kamus Webster's
adalah ' item-item dari peralatan utama atau komponennya yang
digunakan untuk tujuan tertentu.
Perangkat komputer dibagi atas : perangkat masukan (input devices)
digunakan untuk pemasukan data yang akan diproses. Beberapa
Perangkat masukan yang umum digunakan pada suatu komputer
adalah keyboard, mouse, joystick, touch screen, voice recognition, dan
lain-lain.
Segala sesuatu yang Anda dapat lihat dan sentuh pada PC Anda
adalah perangkat keras. Daftar berikut Ini menyajikan suatu dasar
satuan perangkat keras yang biasanya ditemukan pada PC.
Perangkat keras tersebut adalah :
􀂃 Casing PC.
􀂃 Motherboard.
􀂃 Power Supply.
􀂃 Hard Disk Drive (HDD).
􀂃 Floppy Disk Drive (FDD).
􀂃 Compact Disk Drive (CDD).
􀂃 Digital Video Disk drive (DVD).
􀂃 Monitors (CRT dan LCD).
􀂃 Keyboard.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer 97
􀂃 Mouse.
􀂃 Audio.
􀂃 Dan lain-lain.
Masing-masing perangkat ini sangat maju dan berkembang dengan
sangat pesat.***

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com